October 26, 2021

Jenis Aliran Musik Jazz Secara Global Dan Sejarah

Jenis-jenis Aliran Musik Jazz Sebagai suatu jenis aliran musik jazz, nyatanya sudah mengambil tempat dalam...

Jenis-jenis Aliran Musik Jazz

Sebagai suatu jenis aliran musik jazz, nyatanya sudah mengambil tempat dalam sejarah musik dunia. Dahulu musik jazz dikira sebagai musik yang membuat pusing kepala,( sangat) sulit dipahami, serta membosankan. Namun saat ini, dengan bermacam jenis aliran musik jazz yang sangat jauh berbeda dengan kala awal kali timbul, musik jazz sudah sanggup menyihir jutaan penggemar di segala dunia. Apalagi anak- anak muda- pun mulai banyak yang menggemari jazz.

Dari bermacam literatur( serta pula web internet) yang muat tentang jenis aliran musik jazz, kita bisa memandang bermacam jenis aliran musik jazz, semenjak awal kali timbul di New Orleans hingga perkembangannya saat ini ini. Bisa jadi tulisan ini kurang informatif dalam mangulas tentang jazz namun paling tidak bisa membagikan cerminan semacam apa musik jazz itu.

Bermacam aliran musik jazz yang terdapat antara lain:

Ragtime Jazz

Ragtime Jazz, Asal muasalnya jenis aliran musik jazz. Musik jazz yang menyamai musik afrika dengan beat serta tone yang menyamai musik asli afrika. Vibrant, enthusiastic, and extemporaneous merupakan identitas yang bisa dikenali.

Classic Jazz

Classic Jazz, kerap diucap dengan“ New Orleans Gaya”. Aslinya berbentuk brass band yang ditampilkan di kegiatan dance serta pesta- pesta diakhir tahun 1800- an serta dini 1900- an. Instrument musical dilengkapi dengan clarinet, saxophone, cornet, trombone, banjo, bass, guitar, drum serta piano. Improvisasi sangat ditekankan dalam permainannya serta aransemen musikal bisa berbeda dari tiap penampilannya.

Hot Jazz

Hot Jazz, adalah tipe ini dicirikan dengan penyanyi solo yang berimprovisasi, struktur melodi yang khas, serta umumnya memiliki klimaks yang emosional serta“ hot”. Rhytm sectionnya umumnya diiringi oleh gitar, bass, banjo, serta drum yang bertambah pelan- pelan sehingga menggapai klimaks( crescendo). Tokoh utama dari aliran ini, siapa lagi jika bukan Louis Armstrong.

Chicago Style Jazz

Chicago Style Jazz, jadi pusat kelahiran aliran ini yang inti utamanya merupakan“ inventive player”. Dikarakteristikkan dengan aransement yang inovatif serta harmonis, serta metode pemainnya yang besar. Tokoh- tokoh utamanya antara lain Benny Goodman, Bud Freeman, Edie Condon, serta Gene Krupa.

Swing Jazz

Swing Jazz, Tahun 1930- an jadi awal mula musik swing. Ciri utamanya: robust and invigorating. Swing pula kerap dikatakan musik dance. Meski bermain secara kolektif, suatu band swing bisa menampilkan performansi solo buat mengimprovisasi melodi utamanya. Tokohnya banyak tetapi yang kerap dijuluki selaku The King of Swing merupakan Benny Goodman.

Kansas Style Jazz

Kansas Style Jazz, aliran ini lahir pada masa The Great Depression dekat tahun 1920- an serta 1930- an di kota Kansas, USA. Karakteristiknya merupakan style yang sangat soulful serta blues. Tokohnya antara lain Charlie Parker.

Gypsy Jazz

Gypsy Jazz, aslinya diperkenalkan oleh gitaris Perancis, Django Reinhardt. Kerap dipengaruhi oleh musik rakyat( folk music) dari eropa timur. Kerap pula diketahui dengan nama Jazz Manouche. Karakteristik utamanya merupakan: languid, seductive feel, yang dikarakteristikkan dengan“ quirky cadences” serta“ driving rhytms”.

Bebop Jazz

Bebop Jazz, tumbuh di dini tahun 1940- an. Masih mengandalkan improvisasi, dalam bop seseorang soloist leluasa mengeksplorasi kord sepanjang masih dalam struktur kord yang terdapat. Bebop berbeda dari swing, serta terlebih lagi musik dance. Bebop pula jadi dasar untuk inovasi- inovasi dari musik jazz. Playernya antara lain: Charlie Parker( saxophon) serta Dizzi Gillespie( trumpet).

Mainstream Jazz

Mainstream jazz, lahir kembali dari jenis aliran musik jazz yang tidak sangat mengikat pada akhir 1970- an serta dini 1980- an. Aliran ini kerap diucap Modern Mainstream ataupun Post Bop, serta pengaruhi aliran musik yang lain semacam Cool Jazz, Classic, serta Hardbop. Mainstream pula kerap diklasifikasikan selaku aliran jazz yang tidak sangat berhubungan dengan aliran historis dari musik jazz.

Vocalese

Kerap diucap dengan jazz vokal. Mengombinasikan lyric serta musik dalam sesuatu solo instrumental. Secara nature merupakan bop, tetapi diutamakan merupakan nyanyian solo diiringi tim musik kecil ataupun ensembel. Playernya antara lain: Eddie Jefferson serta Jon Hendricks.

Cool Jazz

Cool Jazz, kerap dikatakan selaku“ kombinasi” bebop serta swing jazz. Jenis aliran musik jazz ini tercipta akhir 1940- an serta ialah“ anak kandung” bebop yang mencampurkan swing dalam tone yang harmonik serta dinamis. Dijuluki pula“ West Coast Jazz”, sebab inovasinya banyak berasal dari tepi laut barat USA, paling utama kota Los Angeles.

Hard Bop Jazz

Hard Bop Jazz, alah satu aliran lain dari jazz, yang ialah anak dari aliran bebop. Melodi pada hardbop lebih bernuansa“ soulful” dibanding bebop, serta terkadang dipengaruhi tema- tema musik Rhytm& Blues serta musik Gospel. Salah satu inovatornya merupakan pianis Horace Silver.

Afro-Cuban Jazz

Afro-Cuban Jazz, kerap diucap dengan nama Latin Jazz. Ialah campuran dari improvisasi jenis aliran musik jazz serta rhytm musik latin. Instrumen musik yang digunakan sama dengan instrumen musik jazz pada biasanya, namun lebih terpusat pada rhytm section dari instrumen conga, timbale, bongo serta instrumen latin yang lain. Tokohnya antara lain Arturo Sandoval, Poncho Sanchez, serta Chucho Valdes.